Selasa, 15 Januari 2013


MARKETING MIX


Marketing Mix adalah kegiatan untuk pemasaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan guna mencapai tujuan pemasarannya. Konsep marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.



Pembagian Marketing Mix :

1. Product
Merupakan bentuk penawaran yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu.

Contohnya yaitu pada indomie, untuk indomie kuah hanya memiliki rasa kaldu ayam, sedangkan mie goreng hanya memiliki rasa ayam, namun untuk memenuhi kebutuhan konsumen, indomie mengembangkan menjadi banyak rasa seperti indomie rasa soto atau indomie cabe ijo.

2. Price

Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.

Bauran harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan.

Contoh : Harga indomie sangat terjangkau jadi dapat bersaing dengan pesaingnya dan dapat menjangkau segala kalangan masyarakat.

3. Place
Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.

Contoh : Pendistribusian Indomie dimana saja mulai dari warung kecil sampai supermarket dapat ditemukan indomie.

4. Promotion
Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.

Contoh : Promosi Indomie sangat luas, baik melalui TV, spanduk, atau media internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar