KNOWLEDGE MANAGEMENT
Knowledge
Management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau
perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan
mendistribusikan knowledge untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari
di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi
dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama,
peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih
tinggi.
Tujuan dari knowledge management adalah
seperti dapat menghematan waktu dan
biaya. dengan adanya sumber pengetahuan yang terstruktur dengan baik, maka
perusahaan akan mudah untuk menggunakan pengetahuan tersebut untuk konteks yang
lainnya, sehingga perusahaan akan dapat menghemat waktu dan biaya. Selain itu,
perusahaan juga dapat meningkatkan aset pengetahuannya yang memudahkan karyawan
dalam pemanfaatan pengetahuan tersebut. Tujuan lainnya adalah pengetahuan
tersebut dapat digunakan ulang untuk meningkatkan proses produktifitas dari
perusahaan.
Konsep manajemen pengetahuan ini meliputi
pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi informasi (TI) dalam
tujuannya untuk mencapai organisasi perusahaan yang semakin baik sehingga mampu
memenangkan persaingan bisnis. Perkembangan teknologi informasi memang
memainkan peranan yang penting dalam konsep manajemen pengetahuan. Hampir semua
aktivitas kehidupan manusia akan diwarnai oleh penguasaan teknologi informasi,
sehingga jika berbicara mengenai manajemen pengetahuan tidak lepas dari
pengelolaan.
Pada PT. Telkom menggunakan
Knowledge Management untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas dari
organisasi tersebut dan keunggulan kompetitif organisasi. Serta dapat menjaga
keberlangsungan organisasi dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Kinerja
dan prestasi tinggi yang ditampilkan Telkom adalah untuk mendapatkan
positioning yang kuat di benak stakeholder.
Bentuk knowledge management yang
dilakukan oleh PT Telkom yaitu sharing knowledge dalam bentuk conference dan
workshop serta pelatihan-pelatihan bagi karyawan, hal tersebut dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan karyawan dalam melakukan pelayanan atau menghasilkan
suatu produk. Dari sisi penggunaan teknologi untuk penerapan knoledge
management , PT Telkom sudah melakukannya dengan baik hal itu bisa terlihat
dari adanya situs human capital & general affairs untuk memfasilitasi
komunikasi antara pembuat kebijakan, pengelola SDM dan karyawan.
Fungsi utama Knowledge Management sendiri adalah
apabila dalam perusahaan menemukan sebuah masalah, maka dengan adanya knowledge
management, masalah tersebut dapat lebih mudah di selesaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar