Selasa, 15 Januari 2013


 KNOWLEDGE MANAGEMENT



Knowledge Management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan knowledge untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

Tujuan dari knowledge management adalah seperti  dapat menghematan waktu dan biaya. dengan adanya sumber pengetahuan yang terstruktur dengan baik, maka perusahaan akan mudah untuk menggunakan pengetahuan tersebut untuk konteks yang lainnya, sehingga perusahaan akan dapat menghemat waktu dan biaya. Selain itu, perusahaan juga dapat meningkatkan aset pengetahuannya yang memudahkan karyawan dalam pemanfaatan pengetahuan tersebut. Tujuan lainnya adalah pengetahuan tersebut dapat digunakan ulang untuk meningkatkan proses produktifitas dari perusahaan.



Konsep manajemen pengetahuan ini meliputi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi informasi (TI) dalam tujuannya untuk mencapai organisasi perusahaan yang semakin baik sehingga mampu memenangkan persaingan bisnis. Perkembangan teknologi informasi memang memainkan peranan yang penting dalam konsep manajemen pengetahuan. Hampir semua aktivitas kehidupan manusia akan diwarnai oleh penguasaan teknologi informasi, sehingga jika berbicara mengenai manajemen pengetahuan tidak lepas dari pengelolaan.

Pada PT. Telkom menggunakan Knowledge Management untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas dari organisasi tersebut dan keunggulan kompetitif organisasi. Serta dapat menjaga keberlangsungan organisasi dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Kinerja dan prestasi tinggi yang ditampilkan Telkom adalah untuk mendapatkan positioning yang kuat di benak stakeholder.



Bentuk knowledge management yang dilakukan oleh PT Telkom yaitu sharing knowledge dalam bentuk conference dan workshop serta pelatihan-pelatihan bagi karyawan, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam melakukan pelayanan atau menghasilkan suatu produk. Dari sisi penggunaan teknologi untuk penerapan knoledge management , PT Telkom sudah melakukannya dengan baik hal itu bisa terlihat dari adanya situs human capital & general affairs untuk memfasilitasi komunikasi antara pembuat kebijakan, pengelola SDM dan karyawan.

Fungsi utama Knowledge Management sendiri adalah apabila dalam perusahaan menemukan sebuah masalah, maka dengan adanya knowledge management, masalah tersebut dapat lebih mudah di selesaikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar